Rabu, 24 September 2014

Kampung halaman

  • Tanah Grogot adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Indonesia. Tanah Grogot merupakan ibukota dari kabupaten Paser.
Peta lokasi Kecamatan Tanah Grogot
 

Kondisi Kota Tanah Grogot semakin ramai setelah dihuni oleh orang Bugis, selanjutnya datang juga orang Banjar, Jawa, dan sebagainya yang menyebabkan penduduk Kota Tanah Grogot semakin banyak. Penduduk tersebut lebih dominan berasal dari Bugis dan Banjar, sehingga kebudayaan mereka cepat membaur dengan penduduk asli Suku Paser. Maka dari itu tidak mengherankan bahwa pada saat ini dapat dijumpai perpaduan budaya pada orang Paser di Kota Tanah Grogot. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya penduduk yang datang hingga Kota Tanah Grogot terus berkembang pesat dan kota Tanah Grogot diresmikan sebagai ibukota Kabupaten Paser.

Ada yang unik di Kota Tanah Grogot, pusat pemerintahan Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.  Hampir semua fasilitas bangunan milik Pemda berwarna ungu.
Di sepanjang jalan perkotaan, semua kantor pemerintahan berwarna ungu, dari mulai cat dinding sampai dengan pilar pagar. Tak terkecuali bak-bak penampungan sampah, baik yang terbuat dari tembok maupun container berwarna ungu. contohnya : 
  • Kantor Bupati Tanah Grogot yang Berwarna Ungu.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoe0iSc2F4pWfV1Z_8s-erDXulshyi2KzFPxBYFLwwHqytWr5-OWvU78ctL65lVrCp2wjn2R8plHh8xsUuILhqCDM1ucU9ksq5-k7i3ssY7nOBKdxty5tfw1ThTC2FQyD0vIs0CcRwtRbu/s1600/kantor+bupati.jpg
  • MTQ Kota Tnah Grogot yang Berwarna Ungu.
http://ulfaunyu007.files.wordpress.com/2014/07/8536779578_b612987202_b.jpg 
  • Makanan Khas Tanah Grogot
    Gandul khas Kota Tanah Grogot

    Gandul adalah makanan khas di daerah Kota Tanah Grogot Ini bukan Gandul Cinere, ini Gandulnya Kota Tanah Grogot. Makanan ini adalah daging yang di keringkan atau biasa kita sebut dendeng atau pindang. Keistimewaan makanan ini adalah supnya yang merupakan kuah kari yang sangat pedas dan menghangatkan.

    Ikan Bilis khas Kota Tanah Grogot


    http://www.sbs.com.au/food/sites/sbs.com.au.food/files/styles/full/public/Fried-ikan.jpg?itok=c94NOW2d&mtime=1375879769 

    Umumnya ikan bilih diolah dengan cara dikeringkan dan diasinkan sehingga awet untuk waktu yang lama.

    Dendeng Payau/Rusa  khas Kota Tanah Grogot
     
    http://www.resepmasakanbunda.com/wp-content/uploads/2011/01/dendeng-rusa-balado.jpg 

    Dendeng payau merupakan daging rusa yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur.
  • Tari-Tarian Khas Kota Tanah Grogot
Tari Ronggeng Paser
Kesenian Kabupaten Paser yang menjadi ciri khas adalah tarian “Ronggeng Paser”. Tarian ini merupakan kesenian tradisional pesisir kabupaten Paser yang termasuk dalam kelompok Tari Gembira ( Tari Pergaulan) dengan diiringi lagu ronggeng dan didominasi petikan gambus.

Tari Rembara
Tari Rembana merupakan kesenian tari tradisional pedalaman Paser yang termasuk dalam tari ritual atau tarian yang ditampilkan pada saat- saat diadakan upacara adat Paser seperti Belian, Nulak Jakit dan upacara adat lainnya maupun pada acara-acara resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar